Loading...
Senin, 16 April 2012

Sejumlah artis akan ikuti kirab "Mubeng Beteng"

Yogyakarta (ANTARA News) - Kirab Budaya Mubeng Beteng (mengelilingi beteng) untuk memperingati Satu Abad Sri Sultan Hamengku Buwono IX sekaligus menyambut Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-256, Minggu, 22 April akan diikuti 73 kontingen dan sejumlah artis.

"Hingga hari terakhir pendaftaran tercatat ada 73 kontingen dengan total 3.805 orang, belum termasuk peserta perorangan yang diperkirakan mencapai 1.000 orang. Kirab ini direncanakan dimeriahkan artis Rieke Dyah Pitaloka, Yuni Shara, dan Sheila On 7," kata Sekretaris Panitia Pahargyan Pengetan 1 Abad HB IX Widihasto W Putra, Sabtu.

Menurut dia, antusiasme masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti kegiatan Kirab Budaya Mubeng Beteng (KBMB) luar biasa.

"Kontingen KBMB tersebut dari berbagai macam elemen antara lain kontingen marching band dari empat perguruan tinggi terkemuka di Yogyakarta yakni UGM, UPN Veteran, UII dan UMY," katanya.

Ia mengatakan, untuk kontingen Kebun Binatang Gembira Loka menampilkan dua ekor gajah dan sejumlah hewan reptil.

"Komunitas Omah Tani Sleman juga tak kalah atraktif dengan menyertakan tiga gerobag sapi," katanya.

Hasto mengatakan, kontingen menarik lain datang dari sejumlah klub sepeda onthel antara lain Kodja, Podjok, PORY, Pit Dhuwur dan Komunitas Sepeda Jogja Istimewa. Turut serta sejumlah bregodo kampung seperti bregodo Astana Luhur Mataram Kuthogede, bregodo Banguntopo, bregodo Forcib, bregodo Wiro Bekel, bregodo Mertikarto, bregodo Garda Songsong Buwono dan masih banyak lagi.

"Paguyuban abdi dalem kaprajan dan punakawan baik dari Kasultanan maupun Kadipaten Pakualaman juga siap memeriahkan KBMB. Tampil juga sejumlah kontingen asrama mahasiswa daerah antara lain asrama mahasiswa Papua, Kalimantan Timur, dan Jawa Barat. Sejumlah ormas dan partai politik yang ikut antara lain Karang Taruna DIY, Gafatar, DPW PKS DIY, DPD Golkar DIY," katanya.

Ia mengatakan, KBMB akan start dari Alun-Alun Utara tepat jam 15.00 WIB, akan dilepas GBPH Prabukusumo sebagai wakil dari Kasultanan Yogyakarta dan KPH Tjondrokusumo wakil dari Kadipaten Pakualaman.

"Rute KBMB sebagai Start Alun-alun Utara - Jalan Trikora - Titik Nol - Jalan KH Ahmad Dahlan - Jl KH Wahid Hasyim - Pojok Beteng Kulon - Pojok Beteng Wetan - Jalan Brigjend Katamso- Jalan P Senopati - Titik Nol - Finish Alun-Alun Utara," katanya.

Kontingen KBMB hanya akan memakai separuh badan jalan sehingga tidak mengganggu arus kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Total jarak yang ditempuh sekitar empat kilometer.

"Panitia mengimbau masyarakat khususnya pemilik toko maupun perkantoran yang berada di ruas-ruas jalan yang dilalui peserta KBMB untuk secara sukarela menyediakan air mineral maupun makanan kecil dan buah-buahan yang diletakkan di atas meja di tepi jalan. Tujuannya untuk memberi semangat kepada peserta KBMB," katanya.
(U.V001/N002)

Editor: Ruslan Burhani

Sumber : antaranews.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP